Sunday, October 01, 2006

Abang & Aim -Nggak Pengin Jadi Dokter

Senin minggu lalu semua tak terduga. Bunda cuma pamit control ke dokter, ternyata malam itu Bunda terpaksa harus opname. Anak-anak dan pembantu dirumah kaget. Setelah Bunda dapat kamar dan persiapan transfusi untuk naikin HB, Ayah kembali ke rumah buat ambil perlengkapan Bunda dan menjemput anak- anak.

Begitu datang mereka ngeri meliat kantong darah yang tergantung di tiang infus. Abang bilang "Bunda, ngeri banget sih ada darah disitu. Umpetin aja deh. Abang nggak tahan ngeliatnya!!" Iqbal berusaha tidak memandang kantong darah berlabel O itu. Duh abang gimana sih ? supaya netes terus memang harus digantung tinggi, kalo sejajar tangan nggak jalan dong transfusinya.

Aim sama saja. Dia selalu ber ih..ih..ih…antara ngeri dan takut melihat darah merah segar yang tergantung dan mengalir sepanjang selang infus dan berakhir di lengan kanan Bunda. Dia lari lari sampai menabrak tiang infus. Ugh!! Untung tiang infus nggak rubuh. Duh ? Bunda malah jadi ngeri nih…

Wah? Kalo mereka ngeri ngeliat darah gini. Gimana mau jadi dokter ? Jadi dokter kan bukan cuma harus berani liat darah, nanah, lendir dan hal hal menjijikan lainnya, tapi juga harus berani pegang mayat, nyuntik, menjahit, membedah, ih…jangan sampai pingsan duluan. Gubrak!!

Dulu Mamah pernah pengin salah satu anaknya jadi dokter. Kayaknya terinspirasi dari kakak iparnya (pakde kami) yang jadi dokter dan bisa merawat sendiri Ibu kandungnya yang lanjut usia sampai meninggal. Sayang keinginan itu tidak kesampaian. Tidak satupun dari kami bersaudara-Ummi-Bunda-Papi-Tante yang jadi dokter.

Sekarang ? well, Bunda sih tidak banyak berharap Abang atau Aim mau jadi dokter . Walau menurutku jadi dokter adalah profesi yang mulia – banyak menolong orang sakit, tapi kalo baru liat darah mereka udah ngeri duluan, ya gimana lagi ? Biarin deh, walau mereka nggak pengin jadi Dokter tapi besar harapan Bunda mereka bisa punya profesi yang juga bermanfaat bagi banyak orang. Apapun itu, Bunda tetap bangga pada mereka.

Udah malam, anak-anak bersiap pulang sama Ayah, besok masih harus sekolah. Peluk cium sayang buat Bunda yang bakal nginep sendiri di rumah sakit. Hiks..hiks..sepi…

1 comment:

baratas said...

Bunda in the Portuguese language (Brazil) means glúteo or derrière. For this I was curious. Happinesses. www.baratas.tk