Thursday, May 03, 2007

Aim di hari Kartini

"Bun, kalo orang di amerika nggak punya baju daerah ya??” tanya Aim dengan lugu. Satu siang pulang sekolah dalam mobil karimun Bunda. Bunda speechless. Apa Iya Aim dah mudeng diceritain soal migrasi orang orang eropa ke benua baru bernama amerika…dan membentuk sebuah Negara besar yang bernama amerika kini, Ah, Aim pasti belum bisa nyambung. Makanya Bunda menjawab sepintas “Ya. soalnya daerahnya hampir sama”

Kenapa Aim concern soal baju daerah ? soalnya saat itu Bunda dan Aim on the way ke sebuah tempat penyewaan baju daerah untuk anak anak. Hari kartini sebentar lagi. Sekolah Aim bikin acara peragaan busana daerah. Dan siang itu kami meluncur ke cilandak hunting baju daerah.
“Mo pake baju apa Bu?” tanya petugas disana
“Apa ya ? yang nggak susah deh.. tahun lalu dia dah pernah pake baju jawa ugh!! Ribet” keluh Bunda



“Apa ya ?” Mbak petugas ikut bingung. Anak anak pake baju daerah. Pastinya ribet.
“Madura ada?” tanya Bunda. Rasanya simple tuh
“Waah Cuma satu dan udah dipinjam. Lagian kekecilan kalo buat si adik”
“Dayak gimana?”
“Ya..ya..ada beberapa pilihan warna dan ukuran..yuk dicoba”
Akhirnya kami pulang membawa satu stel baju dayak berwarna hitam. Alhamdulillah kayaknya sih nggak ribet.

Hari H tiba. Ayah mengantar Aim ke sekolah, Bunda menyusul. Wow…salut!! Hampir semua anak dari semua kelas berpakaian daerah. Mulai dari jawa, padang, bugis, batak, betawi, madura, dayak, bali, bahkan ada yang berkostum polisi, cinderela dan pak ustadz.

Senang rasanya melihat bocah bocah yang masih imut imut itu memakai pakaian daerah beraneka ragam. Kebaya Kartini dan baju bodo jadi favorit anak perempuan. Sedang pakaian jawa dan abang betawi jadi favorit anak laki laki. “Hey..ke salon jam berapa ? “ tanyaku mengoda mama si Anya. Cewe kecil yang sering berantem sama Aim itu cantik bersanggul dan pake baju kartini, while si Putri yang jadi favorit Aim pilih pake baju bodo.
” Ma..Justin nggak mau pake rok ma..” Bunda geli mendengar cerita tentang Justin yang menolak pake kain beskap.




































Peragaan Busana dimulai. Diawali dengan tampilnya anak anak play group yang imut imut mengemaskan. Ugh!! Cantik cantik banget. Hih Bunda jadi berandai andai..seneng kali ya punya anak cewe. Bisa didandani kayak boneka…

Berikutnya anak anak TK A dan B yang sudah lebih besar. “Assalamulaikum..” seru seorang anak berpakaian abang Jakarta sambil mengangkat tangan dan mulai melangkah ke atas “catwalk” . Ibu ibu tertawa bangga ..duh? Abang Jakarta wanna be nih…

Kelas Aim B4 tampil paling belakangan. Setelah cewe cewe in action. Giliran Justin, Oza, Kinen, lalu Aim, disusul beberapa nama lagi. Anak anak itu berjalan dengan malu malu lalu memberi salam pada juri. … waaah kami berebut memfoto dari dekat….senyum sayang…senyum…hih heboh deh…

Gemas..gemas..itu yang Bunda rasakan melihat Aim dan temen temen berpakaian daerah di hari kartini. Melihat belasan gadis cilik cantik apik berpakaian baju bodo, kebaya kartini, baju bali, membuat Bunda kembali berandai andai..ah, menyenangkan kali ya punya anak perempuan. Bisa didandani kayak boneka. hey Aim…mo punya adik cewe nggak ??

No comments: