Thursday, April 12, 2007

Jangan Kecewa Bunda..Jangan Kecewa Abang..

"Kalo Abang nggak diterima di Labsky. Bunda jangan kecewa ya “ begitu Iqbal bilang. Matanya yang lebar menatap Bunda lekat lekat. Menanti jawab yang terucap.

Bunda menghela nafas panjang. “Ya nggak lah sayang. Sekolah di Labschool kan Abang juga yang akan ngejalanin. Diterima artinya Abang mampu sekolah situ. Nggak diterima ya kita cari sekolah lain.” Abang terlihat lega.

“Pokoknya yang penting usaha semaksimal mungkin Bang!!” kataku memberikan semangat. Abang memeluk Bunda “Iya Bun, Abang cuma nggak pengin bunda kecewa” Hiks. Bunda jadi terharu.

LabSky alias labschool kebayoran, adalah impian seribu anak yang lulus SD di Jakarta selatan tahun ini. Tarakanita Barito. Al Adzar pusat di kebayoran. Tidaklah sefavorit Lab school kebayoran. Perjuangan masuk kesana sudah dimulai sepuluh minggu lalu saat Bunda kesekolah Abang dan mendengar ajakan..“Mbak, Iqbal minat ke labschool nggak? Ada lho bimbingan intensif khusus masuk labschool. Yang ngadain Visi kebayoran”

Iqbal setuju untuk mendaftar. Ikut program 10 minggu bimbingan belajar khusus buat menghadapi test di labschool. Setiap sabtu pagi Bunda mengantar dan Ayah menjemput sorenya. "Gimana Lesnya, Bang ?" tanya Bunda
"Ugh!! Kepala rasanya berasap. Susah bener!! keluh Abang . Dirumah dia juga berlatih mengerjakan soal dan Bunda mengoreksi. Seperti dulu dan dulu, Iqbal memang sering ceroboh. Sebetulnya bisa tapi tetap banyak yang salah. Ugh!! semua ini memang butuh perjuangan. Well, hidup ini, memang tidak mudah.. sayang. Bersiaplah . Kerasnya persaingan datang lebih dini.

Akhirnya pada hari H Bunda mengantar Abang test di SMP labschool. Rasanya kami datang sudah sangat pagi, tapi parkir sudah luber!! Seribu anak akan bersaing memperebutkan dua ratus kursi di kelas 1 SMP . Beragam jenis seragam SD Jaksel yang dikenakan membaur disitu. Bakti Mulia. Al adzar. Al idzar. Harapan Ibu. Tarakanita. Mahdania. Dan banyak lagi!!

Anak anak sih terlihat tenang.. Yang cemas justru para orang tua.. Dan hal itu ternyata menular. Ugh!! Senewen .Melihat betapa banyak peserta test kali itu. Duh? Adakah satu tempat tersisa buat Abang-ku tersayang ??

Siangnya. Bunda menjemput lagi. Iqbal terlihat exhausted."Gimana bang ? bisa ?"
"Susah Bun .." jawabnya lesu

Bunda speechless. Iqbalku. Abangku. Sulungku itu anak yang pintar. Jika dia bilang susah, means test masuk itu emang benar benar susah.

Tiga hari kemudaian kami lewati dengan harap harap cemas. Ugh ?? masuk nggak ya? Rabu malam jam sepuluh saat kami sudah bersiap tidur Oom Kalis mengirim SMS “ Berapa no test Iqbal? Hasil labschool sudah keluar” Segera Ayah dan Bunda melompat dari tempat tidur. Menghidupkan computer. Mengakses web labschool.

Dengan penuh harapan kami menelusuri no yang ada disitu dua ratus nomor dan limabelas cadangan. Ada? Uhm, sayangnya TIDAK....Ayah dan Bunda mengSMS teman masing masing yang anaknya sama sama test di labschool. Mereka juga bergegas mengakses internet. Bertukar kabar. Ada juga sih yang diterima. Banyak juga yang gagal.

Ayah dan Bunda berpandangan. Speechless. Kami memang berharap banyak Iqbal masuk labschool namun kenyataan tak seperti harapan. “Sudahlah, Kita sudah usaha kok. Memang ketat sekali persaingannya” Paginya. Kami bilang ke Iqbal soal pengumuman SMP lab school.

“Iqbal kecewa ?” tanya Bunda
“Sedikit “ jawab Iqbal hambar
Uhm, Dia memang sudah berusaha. Kerasnya persaingan memang berujung tak sesuai harapan.
“Nggak usah kecewa, Ayah dulu juga nggak diterima di Labschool” kata Ayah sambil nyengir. Uhm, pasti deh iseng, pikir Bunda

“Lho ? emang Ayah SMP di Jakarta . Bukannya di Jambi?” tanya Iqbal heran
“Makanya..Ayah nggak diterima soalnya emang nggak pernah daftar ke lab school” kata Ayah ngeles. Kami terbahak. Ah, sudahlah. Kini saatnya kembali berusaha. Perjuangan dan persaingan mencari SMP yang bagus masihlah panjang…

Hidup ini memang tak mudah, sayang... Jangan kecewa Bunda…jangan kecewa Abang…bersiaplah , karena kehidupan masih punya banyak kejutan..

20 comments:

ayah said...

Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan. (At-Thalaq 65:7)...

Abang udah berusaha keras banget, babenya aja sampe giting ngeliatnya, mudah2-an ini adalah jalan yang paling baik yang dipilihkan Allah.

Gak sekolah di Labsky bukan berarti kiamat kan? banyak kok orang-orang hebat yg dulunya gak sekolah di SMP labsky... karena emang SMP itu belum ada ato emang orang itu gak mampu... hehehe kayak ayah :)

aRdho said...

halo ibu,

salam kenal.. aku alumni labsky.. hehe.. tp yg sma nya..

err.. kaget juga ternyata ada yg memandang LAbsky segitu bagusnya.. karena aku disana juga bisa masuk tanpa perjuangan yg keras.. hahaha.. mgkn beda halnya kalo utk smp nya.. karena memang smpnya lebih strict..

cuman mau bilang, jangan kecewa.. yg penting itu bukan skulnya, tp diri kita sendiri.. hehe.. :)

salam buat abangnya.. ;)

Anonymous said...

Assalamu'alaikum..

Halo Bunda...
Wah, telat nich saya baca blognya =)Tapi saya senang membaca tulisan bunda. Saya salah satu guru di SMP Labsky. Membaca tulisan ini, membuat saya mengingat kembali betapa beruntungnya saya mengenal orang-orang baru yang telah dan akan menjadi bagian dari keluarga besar kami. Titip salam buat -abang-, mungkin 1 tahun telah berlalu, dan abang sudah ada di sekolah lain tentunya. Tapi saya senang sekali mengetahui bahwa ada keluarga (seperti keluarga bunda) yang sempat singgah di sekolah kami. Pesen buat Abang : "Dari tulisan bunda dan ayah yang sudah saya baca, saya yakin abang akan menjadi orang hebat. Bukan masalah dimana kita sekolah, tapi bagaimana kita mejalani dengan kesungguhan hati dimanapun kita berada...."
SEMANGAT Yach...=)

Wahyu Hidayat said...

nama saya wahyu bunda, saya salah seorang karyawan di labsky. Terharu saya baca tulisan bunda. Sayang saya telat baca tulisan ini. Ini juga saya dapet dari pimpinan waktu rapat jelang test kemarin. Salam buat abang ya bunda. Oiya, tulisan bunda saya copas di blog saya ya, tenang aja bunda, saya cantumin moq sumbernya

Anonymous said...

Smp labschool yang dikebayoran memang smp yang paling favorit, melebihi yang di rawamangun
Untuk masuk harus lulus dari seleksi yang ketat, kecuali untuk anak vip

Anonymous said...

Bunda,
Hal yang sama saya alami sekarang setelah hari Minggu kemarin sulungku juga ikut tes masuk SMP LabSchool tahun ini dan sekarang sedang deg-degan menunggu pengumuman diterima/tidak.

Si Uni sampai nangis dan bilang, "Bun, kalo Uni ga diterima di LabSchool, Bunda jangan marah yaa..."
Saya jadi terharu, ternyata dia beban juga menghadapi tes ini. Saya cuma bisa bilang, "Ya udah, yang penting kita sudah berusaha keras. Masalah hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT, mana yang terbaik menurut-Nya".

Anonymous said...

hehe..tahun 2010 kemaren abang mencoba lagi, test masuk SMA Labschool. gagal lagi :) sekarang dia bersekolah di SMA Al Azhar 1 pusat. Mdak apa, pengalaman gagal justru melatih bahwa hidup tidak mudah (Bunda)

Anonymous said...

lovely family :)
just curious, sekarang abang kuliah di mana bunda?

Anonymous said...

Hi bund, boleh sharing donk nama bimbelnya, aku sdg persiapan si sulung utk msk SMP Labsky nih, ťђапк уоų ☺ yaa...
Kalo gak bisa di publish boleh PM ke email: ibusemangat@yahoo.co.I'd

Anonymous said...

Aduh bun....kok ya kita sama ya. Anak yg test labsky, mamanya yg deg2an.
Dilalah tadi pagi si dede juga sdh bilang "kalau gak diterima di labsky gmn"?
Sbg ortu sy hanya bs memberi semangat "yg penting do the best"!!
Emang si dede lbh kebebanan, krn kebetulan kakaknya sdh masuk
Labsky dulu... Kita sbg mamanya hanya bisa berdoa & mensupport lahir bayin....

Anonymous said...

halo tante:) aku alumni smp labsky tante baru aja lulus skrg aku lanjut sma labsky:) adekku juga udh pernah tante ngalamin yg kayak gini, tp jangan kecewa tante emang ini jalan yg terbaik. aku juga td nya gamau di sma labsky lg tante cuma ya emg takdir aku disini yaudah:) salam buat kakaknya yaa tante baru lulus sma hahaha

Anonymous said...

Assalamualaikum....wah mengharukan. SMP Labsky mmg luar biasa. 2013 aja peringkat 3 Nasional. artinya no.3 se Indonesia dgn rata2 UN 9,08....
bener2 dahsyat.
SMA nya Labsky juga bagus....2013 kmrn Jajaran atas 5 Besar Hasil UN SMA se-DKI, baik jurusan IPA maupun IPS utk Gabungan SMA negeri dan Swasta DKI.
Tes masuk peminatnya selalu RIBUAN tp yg diterima sedikit. Tes nya susaaah. Julukannya SEKOLAH ANAK PINTAR...Hebat deh ini sekolah

Evy Yuliandry said...

Salam kenal ya bun..
Tahun ini anak no 2 ku mau masuk SMP, dia berencana mau masuk Labsky, tapi yang di Rawamangun..

Dari cerita teman2nya dia juga sudah mengkeret duluan terutama test untuk Math nya.. "kata teman2 aku susah banget mi, dia belajar dari buku kumpulan soal2 test masuk Labschool" kata Abigail.

Mudah2an Abigail bisa fight dan tidak down walaupun pastinya akan kecewa.

Masih ada sekolah lain yang bisa jadi pilihan kedua nya..

Evy Yuliandry said...

Salam kenal ya bun..
Tahun ini anak no 2 ku mau masuk SMP, dia berencana mau masuk Labsky, tapi yang di Rawamangun..

Dari cerita teman2nya dia juga sudah mengkeret duluan terutama test untuk Math nya.. "kata teman2 aku susah banget mi, dia belajar dari buku kumpulan soal2 test masuk Labschool" kata Abigail.

Mudah2an Abigail bisa fight dan tidak down walaupun pastinya akan kecewa.

Masih ada sekolah lain yang bisa jadi pilihan kedua nya..

Bunda said...

hehe..salam kenal mba Evy..thanks for visit my blog, udah lama ngga diupdate..lulus SMP, Iqbal coba lagi test masuk SMA labsky..ngga lulus juga, akhirnya dia sekolah di SMA I Al Azhar kebayoran (Alpus1) and you know what? saat lulus SMA tahun 2013 kmrn..dia diterima di STT telkom, Akuntasi Unpad dan Akutansi UI (simak), sekarang si Abang kost di depok tuh, kuliah di FEUI, jadi tetap semangat yaaa...buat anandanya..

Bunda said...

salam kenal mba Evy..thanks for visit my blog, udah lama nggak di update yeuh...tamat SMP Iqbal coba lagi test di SMA labsky, ngga lulus juga hehe..akhirnya dia Sekolah di SMA Al Azhar I Kebayoran (Alpus1)..and you know wahat? tamat SMA th 2013 kmrn dia diterima di STT telkom, Akutansi Unpad dan Akutansi UI (simak)..jadi sekarang si Abang kost di Depok, kuliah FEUI..jadi buat anandanya..tetap semangat yaa...

Bunda said...

salam kenal mba Evy..thanks for visit my blog, udah lama nggak di update yeuh...tamat SMP Iqbal coba lagi test di SMA labsky, ngga lulus juga hehe..akhirnya dia Sekolah di SMA Al Azhar I Kebayoran (Alpus1)..and you know wahat? tamat SMA th 2013 kmrn dia diterima di STT telkom, Akutansi Unpad dan Akutansi UI (simak)..jadi sekarang si Abang kost di Depok, kuliah FEUI..jadi buat anandanya..tetap semangat yaa...

Anonymous said...

Assalamualaikum.... Gw juga Labschool Kebayoran. TK, SD, SMP nya dari Al Azhar, tapi Al Azhar BSD City
Sekarang Akuntansi UI 2014. Labschool mmg bagus. Adik gw juga ada yg gak diterima Labsky....tapi terus akhirnya masuk SMAN 8 Bukit Duri.
Terus ada lagi si kecil mau coba kejar SMP Labsky. Kita ini Kakak Beradik alumni Al Azhar BSD semua
.... Semoga masuk Labsky .... Aamiin. Labsky.....Yessss

Anonymous said...

Assalamualaikum..Bunda terima kasih sdh membagi kisah abang, anak saya pun ikut tes masuk LabsChool (SMA) sayangnya tidak beruntung padahal dia ingin sekali bersekolah disana. Dan saya baru tau ternyata dijual ya buku panduan / kumpulan soal utk tes masuk k labschool..seandainya saya tau sblm tes..tp mungkin ini sdh jalannya dr Allah SWT ya, semoga anak2 kita mendapatkan yang terbaik ya Bun..Aamiin

Anonymous said...

Assalamualaikum..Bunda terima kasih sdh membagi kisah abang, anak saya pun ikut tes masuk LabsChool (SMA) sayangnya tidak beruntung padahal dia ingin sekali bersekolah disana. Dan saya baru tau ternyata dijual ya buku panduan / kumpulan soal utk tes masuk k labschool..seandainya saya tau sblm tes..tp mungkin ini sdh jalannya dr Allah SWT ya, semoga anak2 kita mendapatkan yang terbaik ya Bun..Aamiin